Honda S2000: Tampang Imut Spek Garang

Januari 21, 2023

honda-s2000-tampang-imut-spek-garang-f20c-vtec-initial-d-jdm-mobil-kuning-rwd-drift

 

Honda s2000 adalah roadster yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda antara tahun 1999 dan 2009. Pertama kali ditampilkan sebagai mobil konsep di Tokyo Motor Show pada tahun 1995, versi produksinya diluncurkan pada bulan april 1999 untuk merayakan ulang tahun ke-50 perusahaan Honda.

S2000 dinamai sesuai dengan mesinnya yang berkapasitas 2 liter dan tentu saja sekalian meneruskan generasi roadster S500 s600 dan s800 pada tahun 1960-an dan mobil ini beberapa kali telah dilakukan revisi sepanjang masa sejarah mobil ini termasuk perubahan pada mesin, gearbox, suspense, interior dan eksterior. Secara resmi ada dua varian yang ada di pasaran, yang pertama ada varian dengan kode sasis AP1 walaupun secara tampilan benar-benar mirip dan varian faceliftnya dengan varian kode AP2 Yang mana mobil ini mendapatkan perubahan signifikan pada drivetrain dan suspensi. 

Sejarah Honda S2000

Produksi s2000 berhenti pada bulan Juni 2009 di Jepang, ya sangat disayangkan ya padahal pada awalnya Honda s2000 diperkenalkan pada tahun 1999 untuk model tahun 2000 dan menggunakan sasis AP1. mobil ini mempunyai tata letak mesin Tengah depan penggerak roda belakang dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin DOHC VTEC 4 silinder segaris 1997cc. Mobil ini menggunakan mesin yang berkode F20C yang dapat menghasilkan output 237-247 HP dan torsi sebesar 208-218 Newton meter, mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 6 kecepatan. Honda s2000 adalah mobil pertama Honda yang dapat mencapai apa yang diklaim Honda sebagai mesin 4 silinder yang memiliki performa tinggi tingkat atas di dunia. Fitur-fitur mobil ini termasuk suspense wishbone ganda independen dan setir dengan bantuan listrik dan roll hub Inter integrasi, mobil ini menggunakan velg 16 inci dengan ban Bridgestone potenza s02 dan mesin yang ringkas dan ringan yang dipasang seluruhnya di belakang ganda depan memungkinkan s2000 untuk mencapai distribusi bobot depan atau belakang 50:50 dan inersia rotasi yang lebih rendah.

Mobil dengan kode sasis AP1 diproduksi hingga tahun 2003 di pabrik Takanezawa Honda bersama Honda NSX dan Honda Inside hybrid. Kemudian ada Honda s2000 type-v JDM. Berbeda dengan pasar dunia, pasar domestik Jepang atau JDM menerima edisi type V mulai pertengahan tahun 2000, Variabel Gear Rasio Steering atau VGS adalah sistem kemudi yang terus-menerus mengubah rasio kemudian berdasarkan kecepatan kendaraan dan sudut kemudi untuk memberikan penanganan lebih baik. Honda mengumumkan s2000 type v pada tanggal 7 Juli tahun 2000 sebagai sistem pertama dari jenisnya, rasio kemudi lock-to-lock dikurangi menjadi 1,4 putaran yang mana stoknya adalah 2,4 putaran. Honda juga melengkapi mobil type v dengan unit peredam dan direvisi stabilizer dan diferensial slip terbatas untuk melengkapi VGS dan mobil ini dilengkapi dengan setir khusus dan logo VGS di bagian belakang.

Kemudian lahirlah generasi kedua pada tahun 2004, Honda s2000 meluncurkan versi generasi keduanya. S2000 model 2004 mengalami beberapa perubahan signifikan dan produksi Honda s2000 dipindahkan ke Suzuka. Model baru ini memperkenalkan velg 17 inci dan ban Bridgestone re050 bersama dengan suspense yang di setel ulang untuk mengurangi oversteer, tingkat pegas dan peredam kejut diubah dan geometri suspensi dimodifikasi untuk meningkatkan stabilitas dengan mengurangi perubahan toe-in di bawah beban menikung, subframe juga telah menerima revisi dalam desain untuk mencapai kekakuan yang tinggi. Pada gearbox mobil ini sinkronisasi Kuningan diganti dengan serat karbon. Selain itu perubahan kosmetik dilakukan pada eksterior dengan bumper depan dan belakang yang baru dan tentu saja lampu depan yang direvisi dan belakang LED, knalpot juga berubah menjadi bentuk yang oval meskipun semua peningkatan kosmetik, suspensi dan sebagian besar drivetrain disertakan pada S2000 Jepang dan Dunia, namun mobil ini tetap mempertahankan mesin 2.01 F20c.

Persebaran Honda S2000 di Pasar Dunia

Untuk pasar dunia pembaruan juga mencakup pengenalan versi F20c yang lebih besar yaitu F22c1 karena mesin ini memiliki mesin yang lebih besar dan memunculkan sebutan sasis AP2 F22c1 yang mana di mesin ini langkah mesin diperpanjang dan meningkatkan cc, mesinnya menjadi 2.157cc pada saat yang sama Redline dan cut off bahan bakar dikurangi dari 8800 RPM dan 9000 RPM menjadi 8000 RPM dan 8.200 RPM saja, itu bertujuan untuk mendapatkan travel piston yang lebih panjang torsi Puncak juga meningkat sebesar 6% menjadi 220 nm pada 6.800 RPM sedangkan output daya tetap tidak berubah yaitu di 230 HP pada 7.800 RPM. Sehubungan dengan pengenalan F22c1, Honda juga mengubah rasio gigi transmisi dengan memperpendek 5 gigi pertama dan memperpanjang gigi 6.

Setelah peluncurannya di dunia pada tahun 2006 F22c1 juga diperkenalkan ke JDM, di JDM mobil ini diperkenalkan dengan output yang sedikit lebih tinggi di 239 horsepower dan torsi 221 Newton meter. model 2006 memperkenalkan drive by wire throttle, sistem control stabilitas elektronik, velg baru dan satu warna eksterior baru yaitu Laguna Blue Pearl. Selain eksterior perubahan interior juga ada nih termasuk kursi dan speaker stereo tambahan yang diintegrasikan ke dalam sandaran kepala.

Artikel Terkait

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar