Sejarah dan Perkembangan Type R Mobil Honda

Januari 21, 2023

sejarah-dan-perkembangan-type-r-mobil-honda-civic-integra-nsx-jdm

Kalian sadar nggak sih kalau di beberapa tipe mobil Honda Itu ada type R? Nah kira-kira arti dari itu apa sih? Pada dasarnya Type R adalah spesifikasi kinerja khusus yang digunakan Honda untuk beberapa mobil tertentu seperti Civic type R. Type R adalah mesin performa spesifikasi teratas di dunia Honda diikuti oleh spesifikasi Si. R sendiri singkatan dari Racing simple banget ya sebenernya dan sangat spesifik. 

Sejarah Type R dalam Honda

Dari mana asal muasal Type R ini? Sebenarnya type pertama sebenarnya bermula dari gagasan dari manajer pengembangan proyek khusus Honda yaitu Shigeru Uehara, setelah membantu melahirkan NSX Uehara ditugaskan untuk mengasah super car yang sudah oke sebenarnya untuk menjadi sesuatu yang lebih lagi, dan sebenarnya pada awalnya peran mobil dengan logo Type R adalah untuk menyediakan orang yang menyukai olahraga balap dan hasil dari tujuan itu untuk pertama kalinya adalah Honda NSX R, meskipun belum mengadopsi nama type R, NSX R tahun 1992 secara harfiah adalah type R mobil yang hanya dipasarkan di pasar domestic Jepang, mobil ini dijual hingga tahun 1995.

Mobil NSX R pertama kali itu mendapat upgrade suspense, perubahan aero dinamis, ban yang lebih besar dan mengalami pengurangan berat body mobil yang drastis berkat Insinyur Honda yang merancang sistem audio mobil HVAC, peredam suara dan Power Windows. Berkat semua yang dilakukan Colin Chapmaning, tim Uehara berhasil mengurangi 119 kg dari NSX kemudian mobil yang dihasilkan menjadi hits dan tetap menjadi legenda hingga hari ini, namun mobil ini akan selamanya dikenal sebagai mobil yang melahirkan sebuah Type R ke seluruh departemen performance Honda karena menurut Uehara, tim pengembangan di seluruh Honda menuntut Type R untuk proyek mereka juga.

Bagaimana Type R ini berubah melalui sejarah perusahaannya? Sayangnya Type R untuk saat ini udah berubah dari tujuan awal yang mana type E berawal dari proyek khusus tipe Skunkwork menjadi andalan Honda yang mana dengan project ini Honda berhasil menunjukkan model khususnya sendiri, dimulai dengan NSX kemudian turun ke mobil-mobil seperti Integra, Accord dan mobil-mobil yang telah membuat papan nama Type R terkenal di dunia yaitu Honda Civic. Pertanyaan lainnya, mobil apa aja yang menyandang gelar type R? Saat ini hanya ada satu produk Honda yang memiliki tipe R yaitu Civic generasi ke-10 Civic type R saat ini ditenagai oleh mesin 4 silinder Turbo charge 2.0 liter yang mengeluarkan tenaga 306 HP, mobil ini memiliki transmisi manual 6 kecepatan dan diferensial depan yang sangat rumit yang menghilangkan torsi stir sepenuhnya. 

Mobil - Mobil Honda yang Menyandang Type R

Civic type R ini juga memiliki gaya yang paling drastis dan polarisasi dari semua type R yang pernah ada karena di mobil ini memiliki banyak hiasan aero dinamis seperti canard, wing, intake, velg yang besar, flare fender dan knalpot keluar dari pusat 3 port bener-bener keren banget sih. Tapi kalau kita Tarik sejarahnya ada beberapa mobil yang menyandang gelar ini yang pertama ada NXS R, mobil ini adalah nenek moyang dari type R,  kemudian ada Integra Type R, dalam sejarahnya ada dua generasi IntegraType R yaitu generasi DC 2 dan DC 5. Integra DC2 Type R menggunakan mesin B18c 1,8 liter 4 silinder vtec. Mesin ini memiliki 197 HP berkat kompresi yang lebih tinggi, cam yang lebih besar dan throttle body yang lebih besar, mobilnya juga dilengkapi dengan transmisi manual 5 kecepatan dengan rasio dekat dan mendapatkan suspense, rem, penguat sasis serta roda dan ban yang lebih baik dan seperti NSX R, mobil ini mengalami pengurangan bobot yang ekstensif, interior dan eksterior mobil juga memiliki beberapa modifikasi sporty termasuk takometer yang lebih tinggi, sayap, intake dan kursi bucket recaro. Kemudian generasi DC 5 menggunakan platform Acura NSX dan merupakan mobil khusus pasar domestik Jepang. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder K20a 2000 cc dan menghasilkan 220 HP.

Kemudian ada Accord type R yang hanya tersedia selama generasi keenam, mobil ini hanya untuk pasar Eropa dan JDM. Accord Type R sebenarnya menggunakan dua sasis yang berbeda yaitu CL1 dan CH1. Accord Type R Jepang menggunakan CL1 sementara Eropa menggunakan CH1, keduanya ditenagai oleh mesin 4 silinder 2,2 liter NA dan menghasilkan tenaga 217 HP yang diklaim untuk JDM atau 209 HP untuk pasar Eropa. Kemudian Accord type R mendapat suspense yang lebih kaku, penguat sasis yang lebih, kuat diferensial slip terbatas, rem yang lebih besar dan bahan yang lebih baik, knalpot baru dan beberapa modifikasi eksterior dan interior.

Kemudian tentu saja ada Honda Civic type R, sejauh ini total ada 5 generasi Civic yang menyandang type R dan Honda Civic adalah varian yang memiliki garis keturunan type R terpanjang sepanjang sejarah Honda. Yang pertama ada EK9 sebagai mobil khusus JDM, EK9 ditenagai oleh mesin 4 silinder B16b 1,6 liter yang di porting dengan tangan, Civic type R pertama menghasilkan tenaga 183 HP, mesin tersebut dipasangkan ke differensial slip terbatas Helix dan transmisi manual rasio tertutup 5 kecepatan. Seperti DC 2 Integra Type R, mobil ini juga menerima banyak sekali pengurangan bobot, Honda juga secara ekstensif menggunakan pengelasan tipe jahit untuk meningkatkan kekakuan Civic  type R.

Lalu ada EP3 untuk Civic type R generasi kedua, Jepang memasok desain dan produksinya ke Inggris. sebenarnya mobil JDM EP3 adalah Civic type R 3 pintu yang menggunakan mesin 4 silinder K20a dan K20 a2 dalam spesifikasi ini, mesin ini menghasilkan 212 HP yang diklaim Jepang dan 197 HP yang diklaim Eropa. Mobil ini memiliki transmisi 6 kecepatan dan diferensial slip terbatas Helix yang ditingkatkan.

Lalu ada Honda Civic FD2, berdasarkan Civic generasi ke-8, FD2 adalah type R yang masing-masing dibuat untuk pasar Jepang dan dunia. FD2 Type R menjadi Type R pertama yang ditawarkan dalam tata letak 4 pintu dan digerakkan oleh mesin K20a yang ditingkatkan. Mobil ini dapat menghasilkan 225 HP, type R ini juga menerima peningkatan kecil berdasarkan geometri performa EP3 Type R.

Lalu ada Honda Civic FK2, Honda Civic FK2 type R menjadi Type R pertama yang mengusung mesin turbo charge mesin K20c1 mengeluarkan tenaga 306 HP dan mobil ini memiliki transmisi manual 6 kecepatan.

Lalu ada Honda Civic FK8. Mobil ini menggunakan mesin K20c1 yang sama dengan FK2 namun memiliki fitur dan produksi yang jauh lebih fokus pada track, tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 316 HP dan terlepas dari itu semua meskipun ada R dalam Type R seharusnya berarti racing namun tidak ada sejarah balap yang mendalam karena faktanya mobil balap type R pertama Honda nggak dibuat oleh Honda tapi oleh tuner Jepang yaitu Spoon sport, Spoon mengambil EK9 Type R dan membangunnya untuk balap. setelah itu Real Time racing membawa Integra Type R ke speed touring car Championship pada tahun 2002, di sana tim ini memenangkan 23 balapan bersama dengan 5 kejuaraan pembalap dan 4 kejuaraan pabrikan di belakang kemudi Integra Type R. Kemudian pada tahun 2008 Tuner Jepang Mugen membuat versi balap Civic Type R untuk Honda exciting Cup Civic one make race Civic Series, dan untuk saat ini Type R khusus balap langsung digarap oleh Honda performance development, yang mana Honda sengaja membangun divisi ini untuk pelanggan dan tim untuk balapan kejuaraan mobil Touring amatir dan profesional di seluruh dunia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar