Honda NSX adalah salah satu kejutan besar dalam industri otomotif. Jepang telah memproduksi beberapa mobil luar biasa Seperti Nissan GTR dan Toyota 2000 GT, tetapi tidak ada yang menyangka akan ada supercar buatan Jepang yang bisa bersaing dengan mobil-mobil seperti Ferrari, Lamborghini dan Porsche. Ya Mobil itu adalah Honda NSX, Honda NSX dimulai sebagai sebuah eksperimen namun berubah menjadi sesuatu yang lebih dan bahkan menginspirasi mobil legendaris lainnya seperti McLaren F1 mobil ini juga memiliki kombinasi desain elegan yang tak lekang oleh waktu yang didesain oleh studio desain legendaris yaitu Pininfarina dan tim pengembangan teknologi mesin Honda untuk membangun mobil Honda NSX dibantu langsung oleh legenda Formula One yaitu Ayrton Senna, kalau udah begini bisa dipastikan Honda NSX pasti akan sukses.
Sejarah Honda NSX
NSX adalah mobil yang mendefinisikan ulang apa yang dunia pikirkan tentang industri motor Jepang dan memaksa orang Eropa untuk meningkatkan permainan mereka. Kita balik dulu ke tahun 1984 ketika Honda memutuskan untuk membuat konsep yang dapat mewujudkan mobil sport masa depan, Honda meminta bantuan Pininfarina untuk menciptakan konsep HP-X atau Honda Pininfarina eksperimental. Desain original ini menampilkan mesin V6 2.0 liter dan kenapa Honda memilih kerja sama dengan studio desain Pininfarina, ini karena Pininfarina cukup legendaris di masa itu karena studio itu terkenal karena beberapa desain mereka termasuk Alfa Romeo Spider, Ferrari Testarossa dan bahkan Ferrari F40 yang luar biasa.
Niat Honda adalah untuk menciptakan mobil yang dapat memenuhi atau melampaui performa Ferrari 328 dan Ferrari 348, tidak hanya untuk memiliki performa yang signifikan, mobil ini juga dirancang agar menyenangkan ketika dikendarai sederhana dan bahkan praktis, jauh berbeda dari mayoritas supercar pada saat itu dan akhirnya konsep ini berkembang menjadi NSX yang merupakan singkatan dari New Sport car Eksperimental. Honda sekali lagi meminta Pininfarina untuk membantu desainnya kemudian Honda memutuskan untuk menggunakan mesin V6 2.7 liter SOHC dari Honda Legend untuk NSX, namun setelah pengujian Honda akhirnya memutuskan nggak jadi pasang mesin dari Honda Legend dan memasangkan mesin baru yaitu mesin V6 3.0 liter.
NSX didesain oleh tim yang dipimpin oleh Kepala desainer Pininfarina yaitu Shigeru Uehara. Divisi motor sport Honda sendiri juga sangat terlibat dalam Project NSX bersama dengan pembalap F1 Senna, meyakinkan Honda untuk memperkuat sasis NSX setelah pengujian awal di Sirkuit Suzuka Jepang. Senna juga menguji mobil ini di berbagai sirkuit lain termasuk Nurburgring dan membantu menyempurnakan suspensi dan penanganan NSX. Akhirnya pada tahun 1989 Honda meluncurkan generasi pertama NSX.
Penjualan Honda NSX
NSX mulai dijual di Jepang pada tahun 1990 dan mulai November 1990 dijual di dunia di bawah merek luxury Honda. NSX adalah mobil produksi pertama yang menampilkan body yang seluruhnya terbuat dari aluminium yang menggabungkan kerangka paduan aluminium extrusion revolusioner dan komponen suspensi. Manfaatnya adalah Honda dapat menghemat hampir 200 kg berat total jika dibandingkan dengan body setara yang terbuat dari baja. Honda kemudian memanfaatkan secara ekstensif divisi motor sportnya dan mengembangkan yang telah mereka lakukan di sana untuk NSX. kekakuan mesin mobil dan kemampuan handling merupakan hasil kolaborasi pembalap F1 Jepang satoru Nakajima dan Senna, ditambah pengembangan suspensi juga sangat luas dan pengujian juga berlangsung di Tochigi Proofing Grounds, Sirkuit Suzuka, Nurburgring di Jerman dan jalur uji coba terbaru Honda di Takaso Hokkaido.
Sebenarnya awalnya NSX dirakit di pabrik R&D Takanezawa yang dibangun khusus oleh Honda di Tochigi dari tahun 1989 hingga awal tahun 2004 dan ketika NSX dipindah ke pabrik Suzuka untuk sisa masa produksinya sekitar 200 karyawan terbaik Honda di tugaskan untuk membangun mobil produksi NSX dan mereka membutuhkan minimal 10 tahun pengalaman untuk bekerja di sana. Kemudian pencarian Honda untuk membuat supercar terbaik tidak terhenti pada NSX standar meskipun NSX selalu dimasukkan untuk menjadi yang terbaik, para Insinyur Honda harus membuat sejumlah kompromi untuk menyeimbangkan antara kinerja dan kemampuan mengemudi sehari-hari.
Terlahirnya Honda NSX-R
Tim NSX memutuskan untuk melangkah lebih jauh dan membuat mobil konsep yaitu NSX R. NSX R dirancang untuk menjadi versi NSX yang tidak ada kompromi berorientasi pada kinerja dan menampilkan body yang lebih ringan dan mesin yang sudah di tuning. Di model ini mobil yang menjadi lebih ramping karena Honda menghilangkan bobot yang tidak perlu, peredam suara, sistem audio, ban serep, sistem AC dan control traksi serta beberapa peralatan listrik dihilangkan, kursi kulit juga diganti dengan kursi balap karbon kevlar ringan yang dibuat oleh recaro untuk Honda. kemudian Honda mengganti velg stock dengan velg aluminium tempa yang lebih ringan yang diproduksi oleh Enkei.
Spesifikasi Honda NSX-R
Keseluruhan NSX R lebih ringan 120 kg dari NSX standar sehingga bobotnya menjadi 1.240 kg saja walaupun mobil ini terlihat sempurna tapi mobil ini tetap memiliki kekurangan yaitu karena tata letak Mid Engine NSX rentan terhadap oversteer tiba-tiba dalam situasi tertentu, meskipun hal ini jarang terjadi selama mengemudi di jalanan namun jauh lebih umum terjadi track balap dimana kecepatannya lebih tinggi. Akhirnya Honda memperbaiki masalah ini dan meningkatkan stabilitas NSX R pada batasnya dengan menambahkan satu bracket aluminium di bawah baterai depan dan satu bracket almunium di depan radiator depan untuk menambah kekakuan sasis. Mereka kemudian mengganti seluruh pengaturan suspensi dengan bushing suspensi yang lebih kaku, sway bar depan yang lebih kaku, peredam yang lebih kaku dan pegas yang lebih kaku. Akhirnya Honda dapat meningkatkan akselerasi NSX R dengan mengorbankan kecepatan tertinggi dengan memindahkan titik shift mobil lebih dekat. Mereka juga memasang differential slip terbatas yang lebih tinggi dan mesin 3.0 liter DOHC vtec V6 yang memiliki rakitan poros engkol lebih seimbang. Secara keseluruhan Honda hanya memproduksi 483 varian NSX R varian NA1 untuk pasar domestik Jepang dengan produksi yang berakhir pada bulan September 1995.