Kali ini kita akan bahas mobil-mobil legendaris tahun 90-an yang masih ikonik dan cocok dipakai di tahun ini yang banyak dijual di OLX, Facebook, dan marketplace lainnya. Mobil-mobil ini juga bisa dibilang adalah mobil dengan penggemar terbanyak di Indonesia dan sekarang mulai dilirik lagi oleh kaum milenial karena termasuk mobil klasik yang tidak terlihat kuno. Langsung aja kita bahas mobil - mobil apa saja itu.
1. 1.Honda Civic Genio
Civic Genio merupakan sebuah sedan compact dari keluarga Honda yang meneruskan kiprahnya dari pendahulunya yaitu Honda Grand Civic atau Civic LX. Mobil ini merupakan salah satu produk best seller dari Honda di era 90-an, diproduksi pada rentang waktu 1992 sampai 1995. Mobil ini merupakan generasi kelima dari gen Honda Civic dan dikenal juga sebagai Honda Civic EG. Tampilan standarnya aja yang sudah terlihat ceper, Honda Civic Genio menjadi incaran bagi mereka yang ingin mempunyai mobil bergaya mobil balap, mobil ini makin booming waktu beredar film Fast Furious pada tahun 2001 silam. Pamor Genio makin naik sebagai kendaraan yang identik dengan anak muda, enggak heran kalau waktu itu banyak Genio yang berubah tampang jadi lebih ceper dan menggunakan velg lebih besar dari standarnya yang cuma 14 inch. Nah selain diburu dalam kondisi full original, juga banyak yang menggunakan sebagai bahan modifikasi, mobilnya sendiri menjadi sedan yang paling difavoritkan dalam ajang modifikasi dan ajang drag race mulai dari Asia sampai Amerika. Jadi jangan heran kalau Mobil ini sangat populer di dunia.
Nah ngomongin soal mesin mobil ini menggunakan mesin berkode D16 Z9 1600 cc 4 silinder segaris 16 katup dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 130 HP dan torsinya 154 Nm dengan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Mobil ini Sob adalah versi panjangnya daripada Civic Estilo yang harganya jauh jauh jauh jauh lebih mahal tapi sebenarnya rasanya mirip-mirip. Kelebihan mobil ini harga jualnya bertahan, desain bodinya aerodinamis dan stylish, sparepartnya mudah ditemukan mulai dari produk ori sampai KW dan bahkan limbah eks Singapore, menggunakan double disk brake, suspensinya double wishbone yang membuat mobil ini nyaman dikendarai.
Tapi kelemahannya yaitu belum menggunakan mesin tipe tercanggih yaitu vtec, kualitas door trim dan dashboard-nya terkesan murahan, bahan joknya jelek busanya gampang kemps, sektor kaki-kakinya cukup ringkih masih kurang awet jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Great Corolla, dan Genio tahun 92-93 masih menggunakan radiator 1 ply yang menjadikan mobilnya rawan overheat. Pasti teman teman semua yang pengamat atau pecinta Honda Genio paham, mobil ini minim konsol box untuk penyimpanan barang Enggak seperti mobil-mobil zaman sekarang .
Nah soal BBM satu liternya bisa untuk mencapai 8 sampai 11 KM untuk dalam kota dan untuk luar Kota 1 liternya bisa untuk mencapai 10-12 KM. Untuk harga sekarang bekasnya ada di sekitar 30 jutaan dan pajaknya murah banget 700 ribuan.
2. 2. Toyota Great Corolla
Toyota yang satu ini sesuai dengan namanya, dinamakan Great Corolla karena memiliki spesifikasi dan kualitas yang beda dari Corolla Corolla sebelumnya bisa dibilang dari segi desain maupun daleman masih bisa bertahan sampai sekarang Sob dan tidak banyak rewel atau banyak masalah berat. Nah mesin dari mobil ini banyak yang bilang lebih bagus daripada si Genio walaupun secara desain mungkin lebih sporty Genio ya. Mobil ini sekarang makin menjadi mobil Iconic 90-an di Indonesia meskipun dulu mobil ini adalah mobil masyarakat banyak tapi sekarang sudah tidak sebanyak dulu, dan juga pemilik pemiliknya mulai banyak yang berdasarkan hobi jadi membuat mobil ini menjadi lebih kinclong dan lebih enak di pandang, dari segi fitur walaupun mobil ini tergolong lawas tapi lumayan lengkap dan enggak kuno dipakai zaman sekarang.
Soal mesin mobil ini memiliki dua pilihan mesin yaitu 1300 cc dan juga 1.600 cc. Varian 1300 cc kode mesinnya adalah 2E 4 silinder segaris 12 katup, karburator dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 82 HP dan torsinya 14 Nm. Sedangkan untuk yang 1600 cc kode mesinnya adalah 4AFE 4 silinder segaris 16 katup DOHC injeksi dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 115 HP dan torsinya 147 Nm. keduanya memiliki transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Kelebihannya suspensinya empuk dan nyaman, perawatannya mudah, sparepartnya melimpah, harga jualnya stabil, desainnya Oke dan enggak ketinggalan zaman, BBM yang tergolong irit dan juga mesinnya responsif di putaran bawah.
Kekurangannya kaki-kakinya kurang kuat, ruang kabin terasa sempit rem belakang masih tromol, mesinnya kurang bertenaga di putaran tinggi, kunci sabuk pengamannya sering macet, limbung pada kecepatan tinggi dan mesinnya sering brebet.
Konsumsi BBM 1 liternya bisa untuk mencapai 8 sampai 11 KM dalam kota dan luar kota 1 liternya bisa untuk mencapai 10-13 KM. untuk harga sekarang bekasnya ada di sekitar 30 jutaan aja dan pajaknya 800 ribuan.
3. 3. Honda Civic Ferio
Nomor 3 balik ke Honda lagi, mobil yang legend dan ikonik nomor 3 tahun 90-an adalah Honda Civic Ferio. Mobil ini adalah mobil generasi keenam dari Honda Civic, untuk produksinya sendiri cuma mampu bertahan 5 tahun dari tahun 1996 sampai 2001 nah dulunya Ferio ini mendapatkan penghargaan Car of the Year di Jepang .
Nah kalau kita melihat dari eksterior mobil ini sudah ada perubahan dari Genio atau generasi sebelumnya, mobilnya sudah memiliki hidung untuk bernafas sob yang bisa mengalirkan udara ke radiatornya, beda sama model Genio yang agak tertutup. Walaupun dimensinya agak jauh berbeda tapi tenang saja, mobil ini bisa nyaman untuk mengangkut 5 orang sekaligus satu driver dan 4 penumpang. Dari segi interiornya karena di tahun 90-an masih polos aja, semuanya masih analog dan fiturnya juga belum lengkap seperti fitur mobil-mobil sekarang, di mobil ini sudah ada power window, power steering, electric mirror, head unit single din, AC dengan arah semburan lengkap dan juga soket lighter.
Nah untuk mesinnya Mobil ini memiliki mesin berkode d16 y5 1600cc 4 silinder segaris 16 katup SOHC dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 125 HP dan torsinya 148 Nm dengan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan dan berpenggerak roda depan.
Kelebihannya desainnya klasik tapi memiliki daya Tarik, mesinnya responsive, kabinnya luas, sparepartnya mudah dan murah, harga jualnya kembali bertahan dan mobil ini memiliki akomodasi yang nyaman.
Tapi kekurangannya bushing arm dan komponen kaki-kakinya lemah, mesinnya kurang responsif di putaran bawah, walaupun kategorinya Honda Civic mobil ini kurang memiliki fitur yang mewah dan juga material joknya kurang bagus.
Konsumsi BBM 1 liternya bisa untuk mencapai 10 sampai 13 KM dalam kota dan luar kota 1 liternya bisa untuk mencapai 14 sampai 15 KM untuk harga sekarang 47 jutaan dan pajaknya satu setengah juta.
4. 4. Kijang Kapsul Generasi 1
Mobil Iconic yang kita pilih kali ini adalah mobil keluarga, yaitu ada Kijang Kapsul generasi 1 Siapa yang nggak kenal sama mobil ini, orang berlomba-lomba untuk memilikinya karena ini mobil yang bisa dibilang menggebrak waktu itu dari semua model yang tadinya kotak-kotak aja sekarang berubah menjadi desain yang sudah membulat, jadi mobil ini langsung jadi idaman bapak-bapak mapan waktu itu, untuk sekarang mungkin banyak orang yang menjadikan mobil ini Mobil simpanan. Mobil ini banyak yang menjadikannya mobil simpanan bukan lagi menjadi mobil harian karena selain bbm-nya tidak seirit mobil LCGC jaman sekarang, juga daya angkutnya yang besar akan lebih enak kalau dijadikan mobil untuk pergi bersama keluarga sekaligus atau mobil hobi untuk kumpul malam Minggu aja.
Nah untuk varian mobil ini tuh banyak banget, ada LX, LSX, LGX, SX , SSX dan juga SGX. Kira-kira gimana ya dulu salesnya buat ngafalin ini. Nah Kijang Kapsul ini merupakan MPV andalan Toyota yang difungsikan sebagai penerus dari Kijang kotak dan jadi generasi keempat dari seluruh keluarga Toyota Kijang di tanah air. Toyota Kijang Kapsul dikenalkan pada tahun 1997 dengan varian pick up yang memiliki basis varian Short Wheel Base atau SWB dan juga Long Wheel Base atau LWB.
Nah nama kapsul ini diadopsi dari bentuknya yang membulat menyerupai kapsul sementara pendahulunya masih kotak. Kelebihannya mobil ini bukan cuman ada pilihan mesin bensin aja, tapi juga ada pilihan mesin diesel, untuk spesifikasinya mobil ini membawa mesin berkode 7K untuk 1800 cc karburator dan 7K-E untuk 1800 cc injeksi dan juga 2L untuk 2400 cc Diesel. Nah untuk ketiganya memiliki konfigurasi mesin 4 silinder segaris ohv 8 katup, tenaga yang dihasilkan masing-masing adalah 87 HP, 94 HP dan 86 HP. Untuk torsinya masing-masing adalah 140 Nm, 155 Nm dan 165 nm, untuk transmisinya manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Kelebihannya mesin dieselnya hemat, ketersediaan suku cadangnya terjamin dan harganya murah, perawatannya mudah, visibilitas yang sangat baik, kabinnya lapang, torsinya maksimal dan bisa dirasakan di putaran bawah sampai menengah, modelnya awet hingga sekarang, kaki-kakinya tangguh, cukup nyaman di kelasnya dan harganya bertahan sampai sekarang.
Tapi kelemahannya boros untuk bensinnya, mesin 1800 cc-nya under power, top speed-nya rendah, pada kecepatan 120 km/jam mesinnya masih meraung-raung, material interior terlihat murahan, minim fitur multimedia dan fitur keselamatannya hanya sebatas seatbelt saja.
Ngomongin BBM satu liternya bisa untuk mencapai 5 sampai 11 KM saat dalam kota dan luar kota satu liternya bisa untuk mencapai 7 sampai 12 Km. untuk harga sekarang dari 50 jutaan dan pajaknya satu setengah juta.
Nantikan Rekomendasi mobil ikonik tahun 90-an berikutnya ya. Stay tune