Mobil JDM di Indonesia itu jarang banget kalau dijual mahal banget, karena biasanya langsung impor dari negaranya, dan tergantung impornya dari mana bisa dari Malaysia Singapura ataupun langsung dari Jepang dan harganya beda-beda nah tapi untuk pengobatnya kita akan kasih referensi-referensi mobil mobil Jepang ala JDM yang kotak klasik dan masih asik Sob let's go langsung aja berangkat kita
1. 1. Lancer SL
tahun 1981
Mobil ini adalah Lancer pertama yang dipasarkan secara resmi dan dirakit di Indonesia, model ini sebenarnya sudah ada di Jepang sejak tahun 79, sayangnya populasi mobil ini udah langka terutama buat nyari yang Kondisinya masih rapi, kudu sabar nyarinya. Padahal mobil ini mesinnya bandel dan minim perawatan, tapi secara body masih klasik banget dan enak dipakai buat dimodif ala-ala JDM.
Kalau ngomongin soal fiturnya karena mobil ini tahun 81 masih sederhana banget Sob Cuma ada tilt steering, AC single blower dan juga tab kaset. Tapi Lanser SL ini cukup layak untuk dipakai buat teman-teman yang punya tabungan sekitar 20 jutaan.
Spesifikasinya yaitu mobil ini membawa mesin berkode 4g33 1439 CC 4 silinder 12 katup SOHC karburator dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 84 HP dan torsinya 117 NM dan untuk variannya Cuma ada 1 yaitu manual 5 percepatan.
Untuk kelebihannya mobil memiliki mesin bandel, mudah dirawat dan bertenaga, sparepartnya cukup tersedia dan harganya murah bahkan bisa memakai sparepart subtitusi dari L300. Selain itu konsumsi BBM ini cukup irit kalau dapat unit yang rapi atau sudah dimodif asik banget sih buat tongkrongan malam mingguan dan bisa buat gebet disk break alias gadis pabrik.
Kelemahan mobil ini yaitu minim fitur belum ada power steering, bantingan suspensinya keras dan perlu banyak perhatian di ball joint dan agak susah nemuin unit yang masih bagus.
Untuk konsumsi BBM satu liter bisa untuk mencapai 9-10 KM dalam kota. Dan untuk luar kota 1 liternya bisa untuk mencapai 11 sampai 12 Km. Untuk harganya sekarang ini ada di rentang harga ada sekitar 10 20 jutaan aja, gokil murah banget kan? Dan pajaknya 330 ribuan dan juga komunitasnya masih banyak, salah satunya adalah Mitsubishi Lancer Everyday Indonesia
2. 2. Starlet Kotak tahun 1988
Mobil buntung yang satu ini sangat banyak unitnya di Indonesia, mobil yang jadi idaman para ortu kita ini sangat meledak penjualnya di seantero negeri, komunitas-komunitas mudanya juga sangat banyak Sob untuk sekarang banyak banget referensi-referensi modif untuk pecinta starko atau Starlet kotak. Mobil ini menyediakan dua varian mesin yaitu 1000 cc dan 1300 cc dengan sistem suplai bahan bakar semuanya masih menggunakan karburator, tapi keuntungannya tarikannya jadi enteng nah yang kita bahas ini yang 1000cc ya.
Fitur mobil ini masih simple banget, cuma ada tilt steering, AC single blower dan tape kaset. Nah ngomongin mesin mobil ini bawa mesin sebesar 1000 cc 4 silinder segaris 16 katup DOHC, tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 97 HP dan torsinya 120 NM untuk transmisi cuma ada satu pilihan yaitu manual 5 percepatan.
Kelebihannya yaitu tergolong irit, mesinnya tangguh, sangat mudah perawatannya ,sparepartnya melimpah dan murah, bodynya yang Solid dan berat membuat mobil ini tidak Limbung di kecepatan tinggi, shock dan harga jualnya tergolong stabil
Tapi kekurangannya belum ada power window, belum ada power steering. Selain itu juga minim fitur keselamatan dan karena body yang berat mobil ini agak kurang responsif di awal, jadi biasanya dia agak bisa ngebut di gigi ketiga dan gigi ketiganya biasanya agak panjang.
Konsumsi BBM satu liternya bisa untuk mencapai 12 sampai 14 km dalam kotak dan untuk luar kota satu liternya bisa untuk mencapai 17-19 KM irit banget kan. Harga sekarang dibanderol dengan harga 30 jutaan dan pajaknya 600 ribuan setahun.
3. 3. Mazda Astina tahun 1990
Astina adalah salah satu keluarga Mazda Familia yang merupakan generasi ke enam, mobil ini punya body yang sangat compact dan bisa dibilang sangat dekat dengan konsep JDM, bahkan sekarang banyak artis yang lagi cari mobil ini untuk dibangun dan dijadiin koleksi karena mobil ini lahir di tahun 90-an konon katanya mobil ini belum dilengkapi dengan teknologi pengirit BBM jadi agak cukup boros bensin apalagi pertalite lagi naik begini sehingga konsumsi bbm-nya lumayan boros Tapi semua bisa diatur kok tergantung gimana kita main pedal gasnya.
Mobil ini bergaya sporty banget, karena pedalnya posisinya agak rapat sehingga membuat mobil ini pas kalau diajak main left foot braking bagi penggemar drifting atau balapan di trek, banyak orang yang menghindari memiliki Mazda Astina karena reputasinya yang rewel dan sparepart-nya sulit di pasaran, tapi sebenarnya yang sulit di pasaran adalah sparepart yang slow moving, untuk masalah permesinan Astina termasuk golongan 323, jadi beberapa sparepart masih bisa di subtitusi dengan Mazda 323 yang lainnya.
Sekarang kita ke mesin, mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1800 cc, injeksi 4 silinder segaris 16 katup dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 102 HP dan torsinya 150 NM.
Kelebihannya ruang bagasinya besar, mesinnya responsive, stabil pada kecepatan tinggi dan juga mobil ini nyaman dikendarai.
Tapi kekurangannya mesinnya sering overheat, sparepartnya walaupun ada tapi agak susah dicari dan kabinnya tergolong sempit.
Nah ngomongin BBM satu liternya bisa untuk mencapai 8 sampai 10 km saat dalam kota dan untuk luar kota 1 liternya bisa untuk mencapai 10-13 KM.
Nah untuk harga untuk Mazda 90-an sekarang ada sekitar 40 jutaan dan pajaknya murah banget 500 ribuan.
4. 4. Civic Nouva tahun 90-an
Mobil ini merupakan salah satu Civic legendaris hasil rakitan Honda, bodynya sangat anak muda banget, mobil ini versi jdm-nya memiliki spek yang luar biasa. Karena berbekal harga miring dan mesin teknologi canggih mobil ini sering digunakan pada ajang motor sport.
Civic Nouva bisa dibilang adalah adiknya dari civic wonder yang diluncurkan pada September 87. Mobil ini salah satu mobil yang kental banget dengan nuansa JDMnya, karena bentuk yang ada di sini dan juga di Jepang relatif sama, terlebih mobil ini di Jepang sangat terkenal di street racingnya.
Nah untuk fiturnya masih sederhana karena di tahun 90-an, enggak jauh beda sama yang LX atau versi sedannya cuma ada power steering, sentral door lock, AC dan juga tape kaset.
nah ngomongin mesin, mobil ini mempunyai mesin berkode D15 B2 1500 cc karburator mesinnya segaris 16 katup SOHC dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 92 HP dan torsinya 119 NM dengan varian transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan, tapi untuk matic-nya di Indonesia tergolong langka.
Kelebihannya bentuknya klasik dan elegan, manuvernya luar biasa, pamornya bagus, harganya bertahan dan ruang mesinnya memungkinkan untuk diswap dengan mesin yang lebih bertenaga.
Tapi kekurangannya mobilnya mudah keropos, unitnya semakin langka, harga 4 kaki-kakinya lumayan mahal dan sudah menjadi kolektor item.
Konsumsi BBMnya satu liter bisa untuk mencapai 10-12 KM dalam kota dan di luar kota satu liternya bisa untuk mencapai 14-17 KM. Harga sekarang Civic Nouva 90-an ada sekitar 40 jutaan dan pajaknya 600 ribuan.
Mobil keren sparepart mudah dan pajaknya murah yang sekarang masih bisa ditemukan di Indonesia dengan harga murah tentunya bisa jadi pilihan temen-temen yang suka main klasik-klasikan. Terima kasih sudah membaca Sampai Akhir