2 JZ: Mesin Sangar dari Toyota

Januari 28, 2023

2jz-mesin-sangar-dari-toyota-supra-trd-twin-turbo-3000cc-jdm-swap-engine

Kalian tahu nggak mesin 2JZ? ya 2JZ adalah mesin paling terkenal di dunia mau di Eropa, Amerika, Asia bahkan Indonesia mesin ini sangat populer di kalangan drifter atau dragster. Pertanyaannya kenapa mesin ini sangat populer? 

Sejarah Toyota Supra

Untuk memahami bagaimana mesin ini muncul dan bagaimana menjadi begitu  populer kita harus melihat sejarah Toyota Supra semuanya dimulai pada tahun 70-an ketika pembuat mobil Jepang ingin  sekali membangun mobil yang akan  menyaingi kesuksesan Nissan Z, kemudian  Toyota membongkar ulang desain Toyota Celica yang sudah ada dan membangun mobil dengan desain ini yang mana mobil Celica dirubah sedikit desainnya dengan cara bodynya dipanjangin sedikit kemudian mengganti mesinnya menjadi mesin Inline 6 silinder.

Di tahun pertamanya Toyota menjual Celica Supra, sebenarnya penjualannya cukup bagus tapi masih kalah jauh penjualannya dengan Nissan Z. Karena Ambisi Toyota mau ngalahin penjualan Nissan Z dalam waktu 3 tahun setelah kemunculan Celica Supra, mobil ini dirombak total, eksteriornya didesain ulang dan Toyota menempatkan mesin turbo charge 6 silinder di mobil ini dan langsung dijual ke pasaran untuk tahun 1982.

Di tahun pertamanya Toyota sukses besar dengan mobil Celica supranya mereka berhasil menyamai penjualan Nissan Z kemudian di tahun 1986 Toyota Supra generasi ketiga dirilis di tahun ini dan untuk tahun ini akhirnya Toyota memisahkan mobil ini dari jajaran Celica. Mobil untuk tahun itu melakukan perubahan desain yang cukup masif karena mobilnya lebih besar daripada sebelumnya yang mana ini mengacu dari Toyota Soarer generasi kedua, mobil menjadi lebih besar. Ini tentu aja memberikan keuntungan untuk para Enginer karena kalau mobilnya lebih besar ini otomatis akan lebih banyak ruang untuk mengembangkan mobil dengan performance tinggi.

Mobil Supra generasi ketiga ini memiliki mesin generasi terakhir dari mesin M series yaitu 7M-GE dan 7M-GTE Turbo charge 3.0 liter. Itulah model supra terakhir yang menggunakan mesin dari series M, kemudian pada tahun 1989 untuk mobil Supra di pasar Jepang akan diberikan mesin baru untuk menggantikan mesin series M yang sudah tua nama kode mesinnya yaitu 1JZ, dan bukan mesinnya aja yang dirubah, di tahun yang sama model generasi keempat mulai dibuat.

Setelah 4 tahun pengembangan yang penuh gejolak Supra A80 yang legendaris secara resmi mulai diproduksi pada tahun 1993. Dibandingkan dengan pendahulunya model baru ini merupakan keajaiban, tekniksi Toyota mengerahkan segala upaya untuk menciptakan mobil dengan performance terbaik. Mobil ini menggunakan dua mesin baru yaitu 2JZ-GE yang secara alami mengeluarkan output sebesar 220 HP dan torsi 285 Nm dan yang satunya yaitu mesin versi Twin Turbo Charge dengan kode 2JZ-GTE yang mampu mengeluarkan tenaga 276 HP dan torsi 431 Nm. Ini udah gila banget sih untuk mobil Jepang.

Pengembangan Mesin 2JZ

Pada tahun itu meskipun 2JZ diperuntukkan untuk mobil Toyota Supra, tapi mesin ini malah pertama kali dipasangkan di Toyota Aristo pada tahun 1991, dan untuk Toyota Aristo ini adalah

mobil murni JDM, kemudian untuk mesin 2JZ sampai hari ini ini adalah salah satu mesin dengan blok yang paling kuat yang pernah diproduksi. Hal ini karena engineer Toyota merancang boring block dengan bahan yang sangat kuat kemudian kruk as terbuat dari baja yang sudah pasti kuat banget,  kemudian beberapa orang juga sempat memberikan spekulasi bahwa piston 2JZ  juga terbuat dari baja karena piston mesin ini sangat kuat dan tahan lama. Tetapi kenyataannya nggak begitu, ini karena piston dibuat dari hypereutectic cor bertekanan tinggi dan Toyota menguji ketahanan mesin ini dengan sangat serius, yang mana ini menjadikan mesin paling kuat yang pernah dibuat oleh Toyota.

Beberapa tuner pernah bilang dia berhasil mendapatkan 800 HP lebih dari mesin 2JZ yang dilengkapi dengan piston bawaan pabrik kemudian di mesin ini kepala silinder menggunakan aluminium, cam overhead ganda dan menggunakan 4 katup per silinder dengan total 24 katup. Kalau dibandingkan dengan blok, kepala silinder mesin ini tidak memiliki desain yang inovatif kemudian mesin ini tidak pernah kurang ngeluarin torsi dari 407 Nm yang bisa dihasilkan hanya dari 1.800 RPM. Hal yang bikin luar biasa banget mesin ini dikembangkan pada tahun 90-an, yang mana di tahun itu udah pasti nggak secanggih tahun sekarang dong, emang jenius banget sih Toyota ini dan sayangnya mesin ini akhirnya nggak diproduksi lagi karena ada kesepakatan antar pabrikan mobil di Jepang yang mana pabrikan harus membatasi output HP hanya di sebesar 280 HP. Ini berguna untuk mengurangi tingginya jumlah kecelakaan di Jalan yang terjadi di negara itu. Sayang banget ya, tapi ada benernya juga sih kalau mobil keluar dari pabrikan udah bertenaga segini kemungkinan besar akan banyak banget kecelakaan.

Dengan versi Supra ini akhirnya Toyota dapat mengalahkan penjualan Nissan Z karena saking populernya mobil ini pada tahun 90-an di Jepang, mobil ini sampai dijadikan pemeran utama di film Fast and Furious, tapi film yang pertama ya bukan yang kayak sekarang pada bawa tank. Gara-gara film itu mobil ini semakin digilai oleh kalangan pecinta mobil ditambah lagi mobil ini menjadi cover game Need For Speed Underground pada tahun 2000-an makin makin deh popularitas mesin 2JZ dan Toyota Supra ini, ditambah tuner di dunia memberi pernyataan kalau mesin 2JZ ini sangat gampang di setting dan dimodif untuk mendapatkan performance 2-3 kali lipat dari bawaan pabrik, mereka pada bilang cukup tukar Twin Turbo yang kecil dari bawaan pabrik dengan yang lebih besar, lalu ditambahkan satu set injektor bahan bakar aftermarket dan pompa bahan bakar dengan aliran tinggi, kemudian tambahin intercooler yang lebih besar dan ganti ecunya menjadi aftermarket, ini udah dipastikan performance-nya bisa naik 2 sampai 3 kali lipat. Kemudian ada juga nih yang bilang cukup ganti cam bawaan pabrik ke yang aftermarket, terus ganti pegas katup yang lebih keras. Dengan cara yang sederhana ini udah bisa bikin mesin ini lebih gila lagi daripada bawaan pabrik, kalau mau lebih gila lagi nih ya ganti Turbo yang lebih besar terus piston diganti dengan aftermarket udah dipastikan mesin itu akan ngeluarin lebih dari 1.500 HP

Dengan gampangnya merubah mesin ini menjadi lebih beringas ini menjadikannya salah satu mesin dengan penuh keajaiban gara-gara hal inilah mesin ini sangat digemari dari berbagai kalangan. Karena popularitas yang luar biasa ini, harga mesin 2JZ bekas atau mesin Supra generasi keempat harganya benar-benar enggak ada obat, kalau bukan sultan-sultan banget mah kayaknya agak mustahil memiliki mobil atau mesin ini.

Ya segini aja tulisan kali ini Terima kasih sudah membaca sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar